Sunday, June 17, 2018

ciri-ciri Divisio dalam Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi (ciri-ciri Divisio dalam Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumiMateri PokokKingdom Plantae Sub Materi Pokok Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Indikator Hasil BelajarKegiatan BelajarKlasfikasi Bryophyta




I.              Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

II.            Materi PokokKingdom Plantae

III.          Sub Materi Pokok
Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

IV.          Indikator Hasil Belajar
1.       Membedakan ciri morfologi hepaticea, musci dan anthocerotopsida
2.       M elengkapi bagan daur hidup Bryophyta.
3.       Menentukan peranan divisio Bryophyta dalam kehidupan.

V.            Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

VI.          Kegiatan Belajar
A.     Klasfikasi Bryophyta
1.       Bryophyta dapat dikelompokkan dalam 3 golongan, yaitu :
a.       Musci (Lumut Daun)
b.       Hepaticea (Lumut Hati)
c.       Anthocerotopsida (Lumut Tanduk)
Bacalah perbedaan ciri ketiga golongan tersebut pada hand-out
2.       Termasuk kelas apakah gambar yang terdapat pada tabel berikut, dan berilah alasannya !






















B.     Metagenesis Bryophyta
1.       Amatilah gambar metagenesis Bryophyta berikut :








2.       Berdasarkan gambar metegenesis Bryophyta di atas, isilah bagian bernomor 1 s.d. 6 pada bagan  berikut!









3.       Pada metagenesis Bryophyta dapat dibedakan adanya generasi gametofit dan generasi sporofit. Generasi gametofit  mampu menghasilkan gamet (sel kelamin), sedangkan generasi sporofit  adalah generasi yang menghasilkan spora.
Berdasarkan gambar dan bagan metagenesis Bryophyta di atas tentukan generasi gametofit dan generasi sporofitnya!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

No comments:

Post a Comment